oleh

Tingkatkan Kinerja Kebersihan, Pemkot Kendari Target Raih Kembali Adipura

KENDARI – Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Mohammad Nur Razak mengatakan, pihaknya selalu berupaya untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja dari perangkat kebersihan dalam menargetkan peraihan Adipura.

“Untuk persiapan Piala Adipura tidak ada persiapan khusus, karena Kota Kendari selalu mendapatkan Adipura,” ujar Razak di kantornya, Jumat (23/03/2018).

Ia menuturkan, Dinas Kebersihan Kota Kendari selalu mengimbau kepada anggotanya agar bekerja terus.

“Ketika ada Adipura masuk, kita tidak perlu lagi susah-susah karena setiap saat petugas kebersihan menjalankan tugasnya,” ucapnya.

BACA JUGA: Pemkot Kendari Harapkan OPD Dapat Bangun Sinergitas dalam Penyusunan Proker

Namun, katanya, kendalanya adalah pola kesadaran masyarakat yang tidak tertib membuang sampah sesuai jam yang sudah ditentukan. Di mana jadwal pembuangan sampah setiap Pukul 18:00 sampai 05:00 Wita.

“Tapi kenyataannya masyarakat tidak mengikuti jadwal pembuangan sampah.
Karena kondisi demikian terpaksa kami kerja ekstra,” bebernya.

Di sisi lain, melihat nilai P1 nya bagus untuk kedepannya, pihaknya tetap optimis untuk mendapatkan piala Adipura, apalagi untuk TPA Kota Kendari mendapatkan nilai terbaik karena hanya satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan TPA terbaik.

“Untuk pengecetan di trotoar itu sudah dijadwalkan juga dua kali dalam satu tahun yakni pada Bulan Maret dan Bulan Oktober,” tukasnya.

Dia menambahkan, untuk masalah pembersihan sebenarnya bukanlah hanya menghadapi Adipura saja dan semua OPD punya wilayah masing-masing untuk membersihkan apakah di kelurahan atau kecamatan.

“Untuk sekarang sudah masuk tahap P2 setelah itu nanti ada paparan dari Pemerintah Kota dan itu dilaksanakan di Jakarta,” tutupnya.

Reporter: Waty
Editor: Kardin

Terkini