oleh

Terima 1.112 Dos Surat Suara, KPU Baubau Langsung Lakukan Penyortiran dan Pelipatan

Reporter : Ardilan

Editor : Kang Upi

BAUBAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menerima surat suara untuk Pemilihan Umum April 2019. Setibanya di gudang logistik, KPU langsung melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut.

Ketua KPU Baubau, Edi Sabara mengatakan, pihaknya menerima surat suara sebanyak 1.112 dos. Sesuai keterangan yang tertera di dos tersebut, tiap dos berisi 500 lembar.

“Namun untuk jumlah pasti dari setiap dosnya nanti selesai disortir. Kami sortir sekaligus lipat surat suara,” ucap Edi Sabara kepada mediakendari.com, ditemui digudang Logistik KPU Baubau, Minggu (24/3/2019).

Edi menerangkan, pihaknya sudah menerima semua jenis surat suara yang ada dengan jumlah rincian yakni surat suara pemilihan calon Presiden, pemilihan calon anggota DPR RI, pemilihan calon DPD RI dan pemilihan calon anggota DPRD Provinsi Sultra masing-masing berjumlah 221 dos, serta surat suara jenis pemilihan calon anggota DPRD Kota Baubau yakni 228 dos.

“Untuk kertas suara pemilihan calon anggota DPRD Baubau terbagi atas Dapil I sebanyak 100 dos, Dapil II 65 dos dan Dapil III berjumlah 63 dos,” urainya.

Baca Juga :

Kata Edi, Kota Baubau menjadi daerah paling telat menerima surat suara untuk Wilayah Sultra. Dia membeberkan, pengiriman surat suara dimulai dari Surabaya menuju Kendari. Kemudian dilanjutkan melalui penyebrangan Fery Torobulu – Wakengkoli dan akhirnya tiba pada Sabtu 23 Maret 2019 lalu.

“Kami sortir dan lipat mulai dari surat suara pemilihan calon anggota DPR RI, kemudian calon DPD RI, calon Presiden dan Wakil Presiden, calon anggota DPRD Sultra dan terakhir DPRD Kota Baubau. Kita jadwalkan semuanya selesai sampai 5 April dengan melibatkan 130 tenaga pelipat. Tapi kami upayakan juga lebih cepat dari itu dengan menambah tenaga pelipat,” pungkasnya. (A)

Terkini