oleh

Serahkan Piala Adipura, Wapres RI Jusuf Kalla “Tantang” Plt Walikota Kendari

Reporter : Ruslan
Editor : Kang Upi

KENDARI – Pelaksanaan Tugas (Plt) Walikota Kendari Sulkarnain Kadir menerima Piala Adipura dari Wakil Presiden (Wapres) RI H. Jusuf Kalla (JK) Auditorium Dr Seodjarwo, gedung Manggala Wanabakti Jl Gatot Subroto Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Piala Adipura yang diterima Pemerintah Kota Kendari ini, merupakan yang kali ke-10, untuk kategori kota sedang. Plt Walikota Kendari Sulkarnain Kadir menyebutkan, dalam sambutannya orang nomor dua di RI itu berpesan kepada para kepala daerah termasuk dirinya untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang kebersihan halaman rumah warga.

Selain itu, saat penerimaan Piala Adipura, kata Sul sapaan akrab Sulkarnain, dirinya juga sempat “ditantang” Wapres RI melalui candaan, bahwa ketika telah berstatus Walikota definitif harus lebih baik.

“Ini baru Pelaksan Tugas Walikota-nya sudah dapat Adipura, apalagi nanti kalau Plt-nya sudah definitif,” tutur Sulkarnain menirukan candaan Wapres RI Kelahiran Sulawesi Selatan itu.

Dengan tantangan itu, kata Sulkarnain, dirinya berkomitmen untuk mewujudkan Perda usulan Wapres RI tersebut dengan harapan, kebersihan halaman rumah bisa menjadi tanggung jawab masyarakat itu sendiri.

“Perda ini dimaksudkan agar masyarakat tidak melempar tanggung jawab lagi kepada pihak lain,” jelas Sulkarnain kepada mediakendari.com, Selasa (15/01/2019).

Politisi PKS ini menilai, gagasan Perda itu sangat tepat untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat secara langsung dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Ia juga menuturkan, untuk tahun ini Pemkot tidak hanya mendapatkan Piala Adipura tapi juga mendapatkan perhargaan sebagai kota dengan penataan taman terbaik se-Indonesia.

“Jadi hanya ada tujuh daerah yang mendapatkan plakat taman terbaik di se-Indonesia, salah satu Kota Kendari. Ini menjadi kebanggaan kita semua mari bersama-sama pertahan ini,” tutupnya. (a)

Terkini