oleh

Ratusan Peserta Turut Andil dalam Festival Kalandue

Reporter : Fatih

Editor : Taya

KENDARI – Ratusan peserta turut andil dalam festival kalandue atau pungut kerang di kampung Bandeng, Kelurahan Wonduwatu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (27/4/2019).

Sebanyak 210 orang yang berasal dari 42 tim ikut berpartisipasi dari tingkat Kelurahan, Kecamatan dan masyarakat nelayan Kota Kendari.

Asisten 3 Walikota, Agus Salim Safrullah mengatakan, tujuan utama lomba penangkapan kerang ini, untuk meningkatkan konsumsi kerang masyarakat yang banyak mengandung protein. Diharapkan mampu mewujudkan generasi yang kuat, sehat dan cerdas serta masyarakat sejahtera.

“Dengan meningkatnya konsumsi kerang berarti dapat meningkatkan permintaan, mendorong peningkatan produksi dari pemasaran yang secara keseluruhan akan menggerakkan perekonomian khususnya Kota Kendari,” ujarnya pada festival kalandue dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari.

Ia berharap, agar mampu mendorong dan merangsang minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru sehingga minat konsumsi kerang meningkat.

Agus melanjutkan, seiring dengan laju globalisasi, dan berkembangnya aneka jenis masakan siap saji, mereka lebih cenderung memilih makanan siap saji yang praktis yang notabene nya adalah bahan-bahan impor, maka hal ini dapat menurunkan laju konsumsi produk-produk lokal daerah.

“Sementara, produk lokal nilai gizinya tidak kalah bahkan lebih sehat dibandingkan dengan makanan-makanan cepat saji yang ada,” katanya.

Perlu diketahui, kerang kalandue merupakan bahasa latin dari bivalvia yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung. (A)

Terkini