oleh

Ratusan Guru di Baubau Ikut Bimtek Penulisan Karya Ilmiah

BAUBAU – Sekitar dua ratusan guru yang ada di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) penulisan karya Ilmiah di salah satu hotel di Baubau, pada Senin (5/3/2018).

Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Hado Hasina mengatakan, kegiatan Bimtek para guru digelar sebagai wujud untuk meningkatkan kapasitas guru yang naik golongan dalam bentuk penulisan karya ilmiah.

“Guru-guru atau Kepala Sekolah yang ingin naik atau pindah golongan, salah satu syaratnya adalah mahir dalam membuat tulisan karya ilmiah. Karena itu, Pemerintah Kota Baubau mendatangkan Prof Dr Jaali,” ungkap Hado Hasina.

Kepala Dinas Perhubungan Sultra tersebut menuturkan, Jaali dipilih sebagai pemateri Bimtek dikarenakan beliau merupakan salah satu yang terbaik di Republik Indonesia. Ditangan beliau, lebih dari 200 profesor berhasil dibina melalui buah tangan karya ilmiahnya.

“Peran Dr Jaali untuk bangsa ini tidak lah kecil. Melalui dia, banyak terbina profesor-profesor dan karena itu kami datangkan dia sebagai pemateri Bimtek,” ujarnya.

BACA JUGA: Dihadapan Para Guru, Hado Hasina Tekankan 5 Prinsip Percepatan

Selain untuk Bimtek, lanjut Hado, melalui karya tulis juga mampu melahirkan para guru profesional. Sebab, dalam karya tulis ada metode kualitatif dan kuantitatif.

“Kalau bagi pemimpin seperti kami, ilmu sebenarnya adalah evaluatif. Serta mampu menulis apa yang menjadi pemikiran kita yang bernilai ilmiah,” jelasnya.

Melalui Bimtek tersebut, Hado berharap guru maupun Kepala Sekolah dapat menuliskan karya ilmiah tentang bidang studi yang digelutinya.

“Tulisan karya ilmiah tersebut kemudian diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan ajar dan pembelajaran bagi murid-murid,” pungkasnya.

Reporter: Ardilan
Editor: Kardin

Terkini