oleh

Puncak Arus Mudik Angkutan Laut di Baubau Diprediksi Mulai H-4

Reporter : Ardilan

Editor : Taya

BAUBAU – Aktivitas arus mudik penumpang di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui jalur angkutan laut diprediksi bakal mencapai puncaknya pada 1 Juni 2019 mendatang.

Ketua posko angkutan laut lebaran 2019, Suparno mengatakan, pihaknya memprediksi puncak arus mudik angkutan laut bakal dimulai H-4 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

“1 Juni nanti kita prediksi arus mudik karena sudah masa libur bagi pegawai dan anak-anak sekolah,” ucap Suparno kepada Mediakendari.com ditemui diruang kerjanya, Selasa (28/5/2019).

Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Pelayanan Jasa, Kantor UPP Baubau ini menjelaskan, hingga H-8 lebaran, tercatat aktivitas penumpang sudah mencapai 20.694 Jiwa.

Jumlah aktifitas tersebut, kata dia, tercatat di tiga pelabuhan yakni Pelabuhan Murhum, Pelabuhan ASDP, dan Pelabuhan Jembatan batu.

“Angka 20.694 jiwa itu, terdiri dari penumpang turun sebanyak 8.881 jiwa, penumpang naik, 7.961 jiwa dan penumpang lanjutan sebanyak 3.807 jiwa,” rinci Suparno.

“Penumpang lanjutan adalah mereka yang khusus berada di pelabuhan Murhum. Karena hanya pelabuhan Murhum yang disinggahi kapal-kapal dengan tujuan pelayaran dari Barat menuju Timur Indonesia, maupun sebaliknya,” sambungnya.

Dia menambahkan, penumpang singgah tersebut berasal dari jalur pelayaran seperti Ambon, Sorong, Baubau, Makassar, Jakarta, Surabaya dan sebaliknya.

“Aktivitas penumpang di Baubau melalui jalur laut di dominasi penumpang kapal Pelni, dan sisanya merupakan kapal-kapal rakyat dengan tujuan pelayaran antar pulau,” pungkasnya.(a)

Terkini