oleh

Proaktif Kelola Pelabuhan, Pengurus DPC APBMI se Sultra Resmi Dilantik

KENDARI – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) resmi melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) APBMI se Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu dikatakan Ketua DPP APBMI, Muhamad Faudi berharap APBMI dapat proaktif dalam pengelolaan pelabuhan khususnya bidang bongkar muat.

“APBMI dituntut untuk lebih berperan pro-aktif termasuk juga dalam menegakkan kembali antara keberadaan perusahaan bongkar muat APBMI dengan pengelola pelabuhan atau PT Pelindo, dalam hal ini, Pelindo empat serta menciptakan hubungan kerja sama yang kondusif,” ungkap Faudi di salah satu hotel Kota Kendari, Senin (12/02/2018).

Dia menuturkan, pelantikan tiga DPC APBMI Sultra yakni Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Kolaka.

“DPP APBMI berupaya membangun mitra harmonisasi dengan pemerintah, pemda, PT Pelindo dan stakeholder lainnya sehingga APBMI dapat memberikan kontribusi positif bagi industri kepelabuhanan dan pelayaran di tanah air,” ujarnya.

Katanya, DPC Kabupaten Konawe, DPC Kabupaten Konawe Selatan dan DPC Kolaka ini akan mendorong dan meningkatkan kinerja bongkar muat di pelabuhan yang ada di wilayah Sultra.

“Untuk itu DPP APBMI kembali menitip kepada keberadaan APBMI sebagai penuntun tarif dan kegiatan bongkar muat dalam KM 35 tahun 2007 tentang pedoman perhitungan tarif pelayanan jasa tarif bongkar muat, barang dan kegiatan di pelabuhan,” ucapnya.

Lanjutnya, termasuk pada pelabuhan khusus, juga masalah kesepakatan tarif dilakukan kesepakatan bersama antara pengguna jasa dengan APBMI dan stakeholder lainnya.

“Dalam rangka menjalin hubungan harmonis antara DPP APBMI dengan PT Pelindo Satu, Dua, Tiga dan Empat, kami sudah merasakan audiensi membicarakan pola kerja sama antara DPP APBMI dengan PT Pelindo sebagai operator pelabuhan dan mudah-mudahan ini bisa tercapai dan disepakati bersama antara APBMI dengan PT Pelindo,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPW APBMI Sultra, Supriadi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pelantikan pengurus DPC APBMI se-Sultra. Dimana, dengan adanya pengurus tersebut dapat mendorong peningkatan pengelola bongkar muat kapal yang ada di Sultra.

“Saya sangat mengapresiasi DPP APBMI yang resmi melantik tiga DPC di Sultra, semoga terus berkembang pengelola perusahaan bongkar muat wilayah Sultra,” ucap Supriadi.

Reporter: Waty
Editor: Jubirman

Terkini