oleh

Ground Breaking Jalan Wisata Toronipa Bakal Jadi Kado 1 Tahun Kepemimpinan AMAN di Sultra

Reporter : Rahmat R.

Editor : Kang Upik

KENDARI – Kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dan Lukman Abunawas (AMAN) pada 5 September 2019 mendatang bakal genap setahun.

Untuk momentum tersebut, AMAN sudah menyiapkan kado spesial guna merayakan setahun kepemimpinan di kursi orang nomor satu dan dua di Bumi Anoa.

Kado spesial tersebut yakni Ground Breaking Jalan Wisata Toronipa yang akan dilakukan secara simbolis dengan agenda peletakan batu pertama tepat di hari peringatan setahun AMAN.

Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik, Harmin Ramba mengatakan, kado spesial tersebut persembahan kepemimpinan AMAN untuk seluruh masyarakat Sultra.

“Ground Breaking jalan wisata Toronipa ini akan dilakukan pada 5 September 2019 mendatang. Tepat setahun AMAN memimpin. Ini adalah kado untuk kepemimpinan Gubernur dan Wagub kita semua,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/07/2019).

Harmin juga menjelaskan, Jalan Wisata Toronipa sendiri adalah program prioritas AMAN. Jalan tersebut dengan panjang 14,6 kilometer serta lebar 40 meter.

“Anggaran untuk jalan ini sekitar Rp 153 miliar untuk tahap satu plus pembebasan lahan Rp 40 miliar,” sebut Harmin.

Ketua Perkemi Sultra ini menyebut, lokasi Ground Breaking adalah di Toronipa sebagai hitungan 0 kilometer.

Terkait lahan sendiri, Harmin menuturkan sudah ada sosialisasi pembebasan lahan oleh instansi terkait baik pemerintah Kabupaten Konawe maupun Kota Kendari.

“Untuk pergantian lahan, yang diganti adalah, lahan, kebun dan rumah. Rumah disiapkan dua pilihan yakni, dibangun baru atau diberikan dana membangun sendiri,” jelas pria yang akrab dengan wartawan ini.

“Respon masyarakat juga sangat positif untuk pembebasan lahan ini,” sambung Harmin.

Ia juga membeberkan, Jalan Wisata Toronipa ini akan menghadirkan kualitas jalan Nasional dan pembangunannya akan selesai sebelum akhir masa jabatan (AMJ) AMAN.

“Akan dimaksimalkan pembangunnya selama 3 tahun,” tukas Harmin.

Untuk diketahui, selain Jalan Toronipa ini menjadi program utama kepemimpinan AMAN juga ada dua program lainnya, yakni Perpustakaan Internasional dan RS Jantung. Dalam waktu dekat juga bakal Ground Breaking. (B)

Terkini