oleh

Gema Doa Untuk Randi dan Yusuf Dari Barat Hingga Timur Indonesia

Redaksi

KENDARI – Kamis, 26 September 2019, menjadi catatan kelam bagi perjalanan bangsa Indonesia. Dua putra terbaiknya, Muhammad Yusuf Qardawi (19) dan Himawan Randi (21) tewas tertembak.

Publik tersentak, kabar duka menyeruak, almamater Universitas Halu Oleo (UHO) kehilangan dua kader intelektualnya. Tidak hanya di Bumi Anoa, duka juga dinyatakan mahasiwa di seluruh Indonesia lewat doa.

Sebagai catatan redaksi, MEDIAKENDARI.COM, menghimpun pemberitaan dari sejumlah media masa di berbagai kota di Indonesia, yang mengulas tentang ‘sholat gaib’ untuk Randi dan Yusuf.

Untuk di Kota Kendari, Sholat Goib digelar di Masjid La Ode Ma’lim Kampus UHO, Jum’at(27/9/2019), diikuti ratusan mahasiswa khususnya Jurusan Budidaya Perairan, FPIK asal kampus Randi dan Jurusan D3 Teknik Sipil, FT, asal kampus Yusuf.

Selain itu, sholat goib juga digelar Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) UHO di Halaman Rektorat UHO, yang dirangkaikan dengan tabur bunga, doa bersama dan pembakaran lilin di Fakultas Vokasi, dan Fakultas Perikanan.

Selain di Kendari, sholat goib untuk untuk Randi dan Yusuf juga digelar di Kota Baubau, Sultra, Jum’at(27/9/2019), yang dilaksanakan ratusan kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Baubau di Halaman Mapolres Baubau.

Untuk di kota lainnya, juga digelar di Provinsi Aceh yang digelar Dewan Pimpinan Daerah IMM Aceh dan ratusan mahasiswa perwakilan BEM dari berbagai perguruan tinggi Aceh yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Banda Aceh.

Mahasiswa di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) juga turut mengirimkan doa dengan menggelar Sholat Goib yang dimotori IMM Sumbar di Ruas Jalan Sudirman di depan gedung Mapolda Sumbar, di Kota Padang, Jumat (27/9/2019.

Doa yang sama juga digemakan ratusan mahasiswa Universitas Bengkulu melaksanakan salat ghaib di Lantai Dasar Gedung Rektorat Universitas Bengkulu, di tempat ini tidak sedikit mahasiswa yang meneteskan air mata.

Tidak hanya di Pulau Sumatra, gema perjuangan dan duka juga dinyatakan lewat doa dari Jawa Tengaah, yang dilaksanakan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) di Polresta Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (27/9/219).

Sholat goib juga digelar IMM Kabupaten Kudus, Jawa Tengah masjid kompleks Sekretariat Pengurus Cabang IMM Kudus, Jumat (27/9/219), yang juga dihadiri Kapolres Kudus AKBP Saptono dan Dandim 0722/Kudus Letkol Arm Irwansyah terlihat hadir.

Tidak hanya dari kalangan mahasiswa, masyarakat umum di Kabupaten Jepara khususnya jamaah sholat Jumat (27/9/219) di Masjid Mapolres Jepara, Jawa Tengah (Jateng) juga menggelar salat gaib untuk Randi dan Yusuf.

Ratusan massa Jaringan Kader dan Alumni IMM Banyumas Raya juga menggelar shalat gaib di Masjid Tujuh Belas Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (26/9/2019) malam. Massa kemudian bergerak menuju Mapolres Banyumas untuk menyampaikan tuntutan.

Di Jakarta, sholat goib juga digelar ratusan mahasiswa kader IMM di Jalan Menteng Raya arah Tugu Tani, Kamis (26/9/2019). Salat gaib berjemaah digelar pukul 21.28 WIB. Massa membentuk shaf melintang di tengah jalan.

Selain itu, shalat Ghoib bagi Almarhum Randi dan Yusuf juga digelar mahasiswa kader IMM di depan Gedung Pusat Dakwah PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (26/9/2019) malam.

Baca Juga:

Solat goib juga turut digelar pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Palopo di depan Mapolres Paopo, Jl Opu To Sappaile, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Jumat (27/9/2019).

Sementara itu, anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni dan Budaya Talas Universitas Muhamadiah Makassar menggelar aksi teatrikal sekaligus salat gaib di depan kampus Unismuh jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar, Jumat (27/9/2019).

Di Provinsi Gorontalo, sholat goib digelar IMM Gorontalo di Mapolda Gorontalo, Jumat (27/9/2019). Selain mahasiswa, sejumlah polisi dan perwira di lingkungan Polda Gorontalo ikut melaksanakan salat gaib.

Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Palu juga menggelar aksi solidaritas untuk mendiang Randi dan Yusuf , Jumat (27/9/2019) sore. Aksi solidaritas ini ditutup dengan salat gaib di simpang empat Jalan Sam Ratulangi dengan Jalan Raden Saleh Kota Palu, Jumat (27/9/2019) sore.

Terkini