Dikbud Seminarkan Keteladanan Pahlawan Nasional Pertama dari Sultra

Reporter: Ferito Julyadi
Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra), menyambut baik penetapan Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi sebagai Pahlawan Nasional pertama dari Sultra.

Apresiasi itu dilakukan dengan menggelar Seminar bertema “Teladan Kepahlawanan dan Aktualitas Nilai-Nilai Perjuangan Sultan Himayatuddin Dalam Spirit Kontemporer” di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (14/11/2019).

Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio, mengatakan, kegiatan itu digelar untuk memperingati hari pahlawan nasional (HPN).

Dia juga menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan dan difasilitasi Dikbud Sultra, untuk mengungkapkan nilai-nilai perjuangan Sultan Hiyamayatuddin Muhammad Saidi dengan nama lain Oputa Yi Koo itu.

“Dan dikorelasikan dengan perjuangan generasi saat ini,” ungkap Asrun.

Baca Juga :

Seminar sehari itu diikuti 514 peserta dari masyarakat umum, dosen dan mahasiswa UHO serta utusan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Provinsi dan kabupaten kota se-Sultra.

Dikbud sendiri menyiapkan pemateri para ahli sejarah antara lain Prof. Dr. Susanto Zuhdi guru besar dari UI, Prof. Dr. Laniampe guru besar naskah kuno UHO, dan Dr. Tasrifin Tahara MA  dari Unhas. (B)

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total